Si merah, sepeleh tapi banyak manfaat  

Kamis, 13 Agustus 2009


Si merah itu adalah tomat (Lyopercisum), tanaman yang termasuk golongan buah dan sayur ini memiliki banyak kandungan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.

Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.
Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Seperti yang terungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO-WHO. Hasil penelitian lembaga ini menunjukan jika kandungan lycopene tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.
Manfaat tomat adalah dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever, membantu menurunkan resiko gangguan jantung, menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan, menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium, memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration), mengurangi resiko radang usus buntu, , menghilangkan jerawat, mengatasi kegemukan, serta diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

Email this post

Design by Amanda @ Blogger Buster